Ukuran Bata Merah

Batu bata merupakan material yang sangat dibutuhkan untuk membangun rumah atau bangunan. Bahan itu dapat menentukan tingkat kekokohan suatu dinding. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata ukuran bata merah memiliki banyak variasi. Tingkat perbedaan ukuran biasanya untuk menekan biaya produksi demi mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, perubahan atau peredaan ukuran dianggap merupakan sesuatu yang wajar. Meski begitu Anda harus jeli dalam membedakannya agar tahu mana yang sesuai dengan kebutuhan yang harus di pilih saat membangun.

Berbagai Ukuran Bata Merah

Berbagai Ukuran Bata Merah

Rentan ukuran batu bata merah

Setiap bahan bangunan memiliki ukuran ideal yang telah ditetapkan. Demikian pula pada ukuran bata merah yang memiliki rentan ukuran. Maksud dari rentan ukuran ialah setiap produsen tentu memiliki standar ukuran tersendiri dalam penentuan ukuran bata. Namun, perubahan ukuran itu tidak akan melebihi batas rentan patokan yang ada. Barometer dalam penentuan pembuatan batu bata merah adalah dengan panjang dari 19 cm sampai 24 cm. Lalu lebarnya berada di kisaran 9cm sampai 12 cm. Terakhir lebar bata mencakup antara 5cm sampai 6 cm.

Ukuran standar nasional Indonesia pada bata merah

Bila sebelumnya merupakan patokan ukuran yang terbentuk dari produsen-produsen yang ada. Ternyata ukuran batu bata merah juga memiliki standar nasional Indonesia. Standar ini ditetapkan sebagai barometer ideal dalam pembuatan batu bata. Bisa dikatakan bahwa bahan material bangunan yang bagus memiliki ukuran yang tak jauh dari standar yang telah di tetapkan. Menurut beragam sumber yang ada ukurannya ialah dengan panjang 240 mm, lalu memiliki lebar seluas 115 mm serta ketebalan mencapai 52 mm.

Baca juga : ukuran baja ringan

Ukuran SNI kedua

Perlu diketahui bahwa ukuran standar nasional Indonesia di atas merupakan patokan yang pertama. Nyatanya masih ada lagi barometer lain yang sebenarnya dengan nilai yang tak terlalu lebar. Dapat dilihat denganĀ  panjang mencapai 230 mm, kemudian lebar bata mencapai 110 mm, dan dilanjutkan dengan ketebalan mencapai 50 mm. Ukuran bata merah itu merupakan standar kedua dalam bahan bangunan tersebut. Tentunya Anda bisa memilih seusai dengan kebutuhan yang dibutuhkan meski masih banyak jenis dan ukuran lain yang tersedia.

Ukuran bata merah terkecil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ukuran bata merah sangat bervariasi saat ini. Perubahan ukuran semata-mata hanya bentuk inovasi agar menekan biaya produksi. Lagi pula terkadang ada pemesan yang memiliki bentuk dan ukuran yang beda. Oleh karena itu ditemukan pula ukuran batu bata merah yang dianggap terkecil yang pernah di buat. Ukuran yang dianggap kecil untuk bata itu memiliki panjang mencapai 19 cm. Lalu lebarnya mencakup 9 cm, serta dengan ketebalan 5 cm. Meski dianggap kecil nyatanya ukuran demikian masih sesuai dengan rentan patokan yang ada.

Ukuran bata merah terbesar

Kebalikan dari poin sebelumnya, batu bata merah juga memiliki ukuran yang dianggap terbesar. Ukuran itu mencakup panjang mencapai 24 cm, dengan lebar sampai 12 cm, lalu tingkat ketebalan mencapai 6 cm. Dengan estimasi jumlah yang demikian tentu layak dianggap bahwa bata dengan ukuran demikian dianggap paling besar sebelumnya. Walau begitu pengukuran masih dianggap pas sebab masih masuk dalam rentan standar ukuran.

Simak juga : ukuran besi hollow

Itulah beberapa ukuran bata merah. Ukuran batu bata berwarna merah tersebut sering kali mengalami perubahan. Perbedaan itu merupakan cara agar produsen mampu menekan biaya produksi. Lagi pula ukuran yang ada masih tak melewati standar yang ada. Hal terpenting ialah Anda memesan sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan komentar