Ukuran Besi Hollow

Anda yang sering berurusan material bangunan pasti sudah tidak asing dengan besi hollow. Besi ini memang sedan menjadi material yang banyak digunakan dalam pembuatan konstruksi bangunan. Bahannya yang ringan, tahan lama, mutifungsi, tersedia dalam berbagai ukuran tentu akan semakin memudahkan dalam proses konstruksi. Untuk itu, sebelum menggunakan material ini, ada baiknya Anda mengetahui ukuran besi hollow yang tepat untuk berbagai penggunaan.

Ukuran Besi Hollow Berdasarkan Penggunaannya

Ukuran Besi Hollow

Besi hollow sendiri adalah besi yang berbentuk batangan dengan rongga di bagian tengahnya. Jadi jika dilihat sekilas memang mirip dengan pipa, namun dengan bentuk kotak. Biasanya besi ini digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Bisa digunakan untuk rangka besi untuk plafon ataupun rangka dinding partisi yang biasanya digunakan untuk gedung-gedung atau rumah.

Karena penggunaannya yang beragam ini, saat memilih besi hollow untuk kebutuhan konstruksi Anda sebaiknya mengetahui ukurannya terlebih dahulu. Ukuran besi hollow yang bisa dijumpai di pasaran juga beragam tergantung pada kebutuhan penggunaannya. Berikut adalah beberapa ukuran yang bisa Anda pilih.

Simak juga : ukuran story instagram

Ukuran Untuk Railing Pagar dan Rangka Plafon

Ukuran besi hollow yang pertama adalah ukuran yang biasanya digunakan untuk kebutuhan pembuatan railing dan rangka plafon. Untuk ukuran railing rumah, ukuran yang umumnya digunakan adalah besi hollow berukuran 4×4 dengan ketebalan besinya adalah 1,6mm. Ini adalah ukuran yang umumnya digunakan untuk struktur utama. Sementara untuk bagian jari-jari pada railing, bisa menggunakan besi hollow dengan ukuran 2×4 serta ketebalan 1.2mm.

Ukuran untuk Railing Tangga

Penggunaan besi hollow selanjutnya adalah untuk membuat railing tangga. Untuk penggunaan ini, ukuran yang digunakan pun bervariasi tergantung kebutuhan dan model tangga yang akan dibuat. Misalnya jika tangga yang dibuat tidak terlalu curam dan panjang atau jenis tangga spiral, maka besi hollow yang digunakan bisa berukuran 4×4 dengan ketebalan hanya 1,2mm. Sedangkan bagiab jari-jarinya menggunakan besi hollow berukuran 2×4 dengan ketebalan besi 1,2mm.

Berbeda jika jenis tangga yang akan digunakan ukurannya lebih lebar dan panjang. Maka ukuran dari besi hollow yang bisa digunakan adalah 3×6 dengan ketebalan sama, yaitu 1,2mm. Jika kondisi tangga yang akan dibuat lebih panjang dan lebih lebar, maka bagian jari-jarinya bisa dibuat dengan besi hollow berukuran 2×4 dengan ketebalan 1,2mm.

Baca juga : ukuran x banner

Ukuran untuk Furniture

Material hollow saat ini juga sudah banyak digunakan untuk pembuatan furniture. Apalagi untuk furniture dengan konsep industrialis yang menjadikan warna monokrom sebagai daya tarik utamanya. Pada konsep furniture ini biasanya juga mengedepankan penggunaan besi atau kayu yang terekspose. Makanya, besi hollow digunakan sebagai material utamanya. Untuk penggunaan ini, ukuran besi hollow yang digunakan pun berbeda. Untuk kebutuhan pembuatan furniture, ukuran yang umumnya digunakan adalah 0.36 x 0.36 atau 36×36 mm. Sementara itu ketebalan besi yang digunakan adalah antara 1.2-1.6mm.

Penggunaan besi hollow sebagai material konstruksi memang sedang trend. Ini karena selain bahannya berkualitas, ringan dan harganya terjangkau, besi hollow juga bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan. Penjelasan tentang beberapa ukuran besi hollow di atas bisa menjadi panduan untuk Anda jika ingin menggunakan material ini untuk bahan konstruksi bangunan Anda. Dengan mengetahui ukuran dan penggunaannya, Anda jadi tahu ukuran yang tetap untuk setiap penggunaan besi hollow ini. Ketika Anda memilih material berdasarkan fungsinya, maka tentu akan membantu Anda dalam menghemat pengeluaran budget.

Tinggalkan komentar