Jenis – Jenis Ukuran Besi Siku

Sebelum anda memulai lebih lanjut untuk membangun sebuah konstruksi, perlu anda ketahui jenis dan ukuran besi siku loh!

Diantara banyaknya material atau komponen konstruksi, besi siku adalah salah satu yang sering dicari. Besi siku ini adalah jenis besi yang berbentuk siku dengan dua sisi yang membentuk sudut. Ada besi siku yang membentuk sudut 90° ada pula yang membentuk sudut 45°.

Selain dua jenis tersebut, besi siku juga dikelompokkan menjadi besi siku berlubang dan besi siku polos. Ukuran besi siku ini bervariasi, biasanya pada bagian lebar dan penampungan. Dengan ukuran yang bervariasi ini bisa memberikan lebih banyak pilihan untuk berbagai kebutuhan.

Jenis dan Ukuran Besi Siku

Penggunaan besi siku ini bisa untuk berbagai kebutuhan. Ada yang menggunakannya untuk konstruksi tangga, konstruksi pagar, hingga untuk rangka rak etalase dan rangka untuk tiang. Karena banyaknya kegunaan, ditambah kualitas bahan yang tahan lama dan sifatnya yang ringan membuat besi siku ini banyak dicari.

Besi siku banyak dipilih untuk berbagai kebutuhan karena material ini menawarkan banyak keunggulan.

Seperti sifatnya yang kokoh dan tidak mudah memuai sehingga bahan ini sering dijadikan material konstruksi bahkan untuk diletakkan di luar ruangan, bahkan besi ini juga bersifat tidak mudah berkarat.

Tak hanya itu, besi siku juga merupakan material yang serbaguna, artinya Anda bisa memanfaatkannya untuk pembuatan konstruksi apapun. Ditambah desainnya yang variatif tentu menambah nilai keunggulan material ini. Berikut ini adalah beberapa daftar ukuran besi siku berdasarkan jenis-jenisnya.

Baca juga : Ukuran Baut

Ukuran Besi Siku Sama Sisi

Sesuai namanya, jenis besi siku ini memiliki ukuran panjang sisi sama. Jenis besi siku ini memiliki ukuran yang sangat banyak dan beragam. Misalnya ukuran besi siku 25 x 25 x 3mm, yang artinya besi siku ini memiliki dimensi sisi berukuran 25 x 25 mm dengan ketebalan 3 mm.

Ada pula besi siku sama sisi berukuran 40 x 40 x 5mm yang artinya berukuran panjang 40 x 40 (4×4) mm dengan ketebalan 5mm. Untuk jenis ini ukuran panjangnya sama berdasarkan SNI yaitu memiliki panjang 6m.

Ukuran Besi Siku Tidak Sama Sisi

Untuk jenis ini, sesuai namanya memiliki sisi yang tidak sama pada dimensinya. Namun seperti besi siku sama sisi sebelumnya, jenis besi ini juga diproduksi dengan standar nasional Indonesia (SNI) yaitu sepanjang 6 meter.

Untuk ukuran, besi siku tidak sama sisi ini memiliki ada yang dibuat dengan dimensi 100 x 75, artinya memiliki panjang 100 mm dan lebar 75 mm dengan ketebalan 10mm. Ada pula yang berukuran 125×75 dengan ketebalan 10mm dan berukuran 150×90 dengan ketebalan 12mm.

Baca juga : Ukuran Hebel

Ukuran Besi Siku Lubang

Jenis selanjutnya adalah besi siku lubang yang pada bagian sisi-sisinya terdapat lubang. Lubang di setiap bagian sisi ini berfungsi untuk tempat baut. Ukuran besi siku lubang ini lebih bervariasi bervariasi pada aspek ketebalannya.

Untuk panjang, besi jenis ini hanya diproduksi dengan ukuran 3m. Ukuran pertama adalah dengan dimensi 36×36 memiliki ketebalan mulai dari 1,8 hingga 2mm. Ada pula besi siku lubang yang memiliki dimensi 40×40 dengan ketebalan 2mm.

Jika Anda pernah melihat rak besi tempat menyimpan buku, biasanya rak besi ini terbuat dari besi siku. Sesuai namanya, besi ini terbuat dari bahan besi yang membentuk sudut, baik itu sudut 45° maupun 90°. Beberapa jenis dan ukuran besi siku di atas adalah beberapa ukuran yang bisa menjadi patokan jika Anda ingin menggunakan material ini.