Ukuran Pamflet Lengkap

Pamflet adalah salah satu jenis media cetak yang berisi informasi berupa tulisan dan gambar. Pamflet biasanya dibuat untuk berbagai kebutuhan. Bisa digunakan sebagai media promosi dan pemasaran, sebagai media informasi untuk publik ataupun sebagai media untuk melakukan kegiatan kampanye. Pamflet ini dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan isinya. Sedangkan ukuran pamflet juga bervariasi beserta cara pelipatan yang membuatnya tampak lebih menarik.

Ukuran Pamflet yang Sering Digunakan

Ukuran Pamflet Lengkap

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pamflet merupakan salah satu jenis media cetak. Penggunaannya sebagai media untuk promosi atau pemasaran maupun media melakukan berbagai kampanye membuat media cetak ini memiliki karakter atau ciri khusus yang membedakannya dengan jenis media cetak lain. Ciri utamanya adalah penggunaan bahasa yang singkat, jelas serta disertai gambar yang menarik.

Tak hanya itu, pamflet juga umumnya menggunakan bahasa yang persuasif atau bersifat mengajak, baik itu mengajak untuk menggunakan suatu produk atau melakukan suatu hal. Selain itu, informasi yang ditulis di dalam pamflet juga merupakan informasi aktual dan berkaitan dengan hal-hal terkini. Setelah mengetahui fungsi dan ciri-cirinya, berikut ini adalah beberapa ukuran pamflet yang umumnya digunakan.

Pamflet Ukuran A3

Guna memudahkan, ukuran pamflet biasanya menggunakan acuan kertas seri A. Kertas ini adalah kertas yang sangat sering dijumpai dengan ukuran yang mudah dibayangkan karena sangat sering digunakan. Untuk pamflet ukuran A3 jika dikonversi dalam ukuran sentimeter adalah 42 x 29,7 cm. Ukuran ini adalah ukuran paling besar dan paling umum digunakan. Ketika menggunakan ukuran ini, pamflet biasanya dilipat menjadi 2-3 bagian agar tidak terlalu besar.

Baca juga : Ukuran Roll Banner

Pamflet Ukuran A4

Ukuran untuk pamflet yang umum selanjutnya adalah ukuran A4. Ukuran ini sama dengan ukuran kertas yang biasanya digunakan untuk mencetak dokumen. Kalau dikonversikan ke dalam satuan sentimeter, ukurannya adalah 21 x 29,7 cm. Ukuran A4 ini adalah ukuran paling ideal untuk pamflet dan paling sering digunakan. Jika menggunakan ukuran A4, pamflet biasanya masih harus dilipat 2 atau dilipat 3.

Pamflet Ukuran A5

Ukuran pamflet berikutnya adalah ukuran yang lebih kecil dari sebelumnya. Jika dikonversikan ke dalam satuan sentimeter, pamflet ini berukuran 21 x 14,8 cm. Karena ukurannya yang relatif kecil, biasanya pamflet dengan ukuran ini digunakan untuk membuat pamflet yang dicetak dengan jumlah banyak. Umumnya digunakan untuk media promosi yang disebar di tempat-tempat umum. Karena ukurannya yang relatif kecil, biasanya pamflet ini disebarkan begitu saja, namun ada juga yang disebar dengan melipat menjadi 2-3 bagian untuk membuatnya lebih efektif.

Simak juga : Ukuran X Banner

Pamflet Ukuran A6

Ukuran terakhir yang sering digunakan untuk membuat pamflet adalah ukuran A6. Pamflet ukuran A6 ini setara dengan 10,5 x 14,8 cm. Karena ukurannya yang kecil ini biasanya informasi yang dimuat di dalam pamflet ini bersifat lebih padat dan pastinya lebih dioptimalkan. Ukurannya yang lebih kecil ini membuat penyebaran pamflet A6 umumnya tanpa dilipat. Biasanya jenis pamflet ini ditemukan sebagai informasi produk baru yang dikirimkan bersama paket atau kemasan tertentu, sebagai bentuk promosi.

Itulah tadi informasi singkat tentang apa itu pamflet, Kegunaan, ciri-cirinya dan ukuran pamflet yang sering dijumpai. Dengan mengetahui beberapa ukuran yang sering digunakan untuk membuat pamflet beserta cara pelipatannya ini, semoga bisa membantu Anda jika suatu saat akan membuat pamflet, baik untuk kebutuhan promosi maupun untuk kampanye program atau kegiatan tertentu.

Tinggalkan komentar