Ukuran Paving Block untuk Berbagai Kegunaan

Paving block merupakan salah satu material konstruksi yang lazimnya digunakan sebagai bahan pembuatan jalan, terutama di area perumahan. Paving ini ada berbagai macam bentuk yang berbeda-beda, seperti bentuk heksagon, bentuk persegi panjang, triheksagon, dan sebagainya. Masing-masing bentuk ini mempunyai ukuran tidak sama. Berikut beragam ukuran paving block yang dapat dipakai untuk berbagai kegunaan.

Paving block umumnya terbuat dari bahan bata beton sehingga cukup tangguh dijadikan sebagai material jalan.

Tidak hanya dilihat berdasarkan faktor ketangguhannya saja, penggunaan paving block juga kian menambah nilai estetika pada tanah.

Ketika hendak menggunakan paving, salah satu yang perlu diperhatikan adalah ukurannya. Ukuran paving sendiri berkisar antara 600 m2 hingga 2.400 m2.

Ukuran Paving Block Persegi

Ukuran paving block yang berbentuk persegi mempunyai kesamaan di segala sisinya. Paving block satu ini mempunyai ukuran 20 cm dan digunakan untuk menutupi area yang bertekstur.

Pada sebuah luas daerah dengan satuan luas persegi, Anda membutuhkan setidaknya 22 buah paving block persegi agar bisa menutupi tanah secara sempurna.

Ukuran Paving Block Heksagon

Paving heksagon atau segi enam menjadi salah satu bentuk paving yang paling mudah dijumpai.

Paving ini biasanya mempunyai panjang sisi 20 cm. Adapun ketebalannya bervariasi, mulai dari 6 cm hingga 10 cm.

Pada setiap area dengan luas satu meter persegi, kurang lebih dibutuhkan 27 paving block heksagon agar bisa menutupi permukaan dengan sempurna.

Simak juga : Ukuran Baut Lengkap

Ukuran Paving Block Block Zig Zag

Paving zig zag dikenal juga sebagai paving cacing. Hal ini dikarenakan paving block satu ini menyerupai cacing memanjang bentuknya. Adapun ukuran paving block cacing biasanya memiliki panjang 22,5 cm dengan lebar 6 atau 8 cm.

Dengan ukuran standar ini, pada area seluas satu meter persegi setidaknya dibutuhkan 39 buah paving zig zag untuk menutup tanah.

Ukuran Paving Block Rumput

Paving ini disebut paving rumput karena bentuknya yang memanjang dengan rongga udara di bagian tengahnya, sebagaimana bentuk rerumputan.

Paving yang juga disebut grassblock ini mempunyai ukuran permukaan dengan luas 40 cm x 40 cm serta setebal 6 sampai 8 centimeter.

Dengan ukuran sebesar ini, pada sebuah bidang per meter persegi dibutuhkan sekitar 6 hingga 7 buah paving.

Ukuran Paving Block Triheksa

Ukuran paving block triheksa yakni panjang 19,7 cm beserta lebar 9,6 cm. Adapun paving yang terdiri dari tiga buah paving heksagon saling melekat ini mempunyai ketebalan 6 sampai 8 cm.

Paving triheksa ini sangat umum digunakan, meskipun bagi sebagian orang bentuknya tidak terlalu praktis. Paving jenis ini dapat ditemukan pada jalanan di kompleks perumahan ataupun trotoar.

Ukuran Paving Block Kubus

Paving kubus hampir serupa dengan paving block jenis persegi. Yang membedakan adalah ketebalan serta ukurannya yang relatif lebih kecil.

Paving block satu ini bagian sisi datarnya hanya seluas 10,5 cm x 10,5 cm.

Karena bentuk mungilnya ini, paving kubus banyak dipakai untuk menjadi material bangunan yang tergolong ringan, misalnya alas halaman rumah, dan sebagainya.

Itulah beberapa macam ukuran paving block yang paling sering digunakan.

Paving block ini dipasang dengan cara menyusun satu bagian ke bagian lain. Setiap jenis dan ukuran paving mempunyai kegunaan masing-masing yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Material satu ini juga bermanfaat menjaga relief tanah sehingga tetap datar. Oleh karena itu, biasanya ditemukan pada jalan di topografi tanah yang tidak rata.


Tinggalkan komentar