Standar Ukuran Pipa PVC

Pipa PVC biasanya difungsikan oleh beberapa orang untuk saluran air ataupun talang. Pipa PVC ini selain memiliki banyak kegunaan, juga memiliki beberapa ukuran. Ukuran pipa PVC menjadi salah satu hal yang menjadi pembeda kegunaannya.

Jika hendak menggunakan pipa ini, Anda bisa menyesuaikan kebutuhan dengan ukuran pipa yang tersedia. Nah, untuk mengetahui ukurannya dan juga tipe-tipe pipa yang tersedia, simaklah penjelasan berikut ini.

Pipa jenis ini disebut pipa PVC lantaran berbahan dasar Poly Vinyl Chloride. Dengan bahan tersebut, pipa yang biasa dipakai untuk talang air hujan ini bisa bertahan hingga dua tahun.

Jika menggunakan pipa ini, apabila sudah terlalu lama, Anda perlu segera menggantinya. Supaya tidak menimbulkan kebocoran karena PVC retak. Nah, untuk mengetahui ukuran pipa dan kebutuhannya, berikut akan dijelaskan beberapa tipe pipa PVC.

Ukuran Pipa PVC kelas C

Jenis pipa pertama ini merupakan pipa yang paling tipis di antara yang lainnya. Di rumah-rumah, pipa ini biasa digunakan untuk buangan air. Atau bisa juga digunakan untuk melindungi kabel listrik supaya tidak mudah rusak.

Untuk ukurannya biasanya berkisar antara 5/8” dengan ukuran 17 mm, ½” dengan ukuran 22 mm, ¾” dengan ukuran 26 mm, sampai dengan 5” dengan ukuran 140 mm. Ada banyak sekali ukuran pipa PVC kelas C ini yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bangunan Anda.

Ukuran Pipa PVC kelas D

Pipa tipe kedua ini memiliki tekanan yang juga tidak terlalu besar, sebab ketebalan pipa ini juga cukup sedang. Pipa kelas D ini mampu menahan tekanan sebesar 5 kg / cm2. Di rumah-rumah, tipe pipa ini biasa digunakan untuk saluran pembuangan air rumah tangga.

Ada 10 macam ukuran pipa PVC kelas D, yaitu dengan diameter 1 ½” sampai dengan 12”. Ada pipa 2” dengan ukuran 60 mm, 3” dengan ukuran 89 cm, dan juga ukuran lainnya.

Pipa PVC ini cukup fleksibel, Anda menyambungkan pipa dengan ukuran tertentu jika memang dibutuhkan. Anda bisa menggunakan Mof saat  hendak menyambungkan antar pipa.

Selain sebagai saluran pembuangan air rumah tangga, Anda juga bisa memanfaatkan pipa jenis ini untuk keperluan lainnya. Yang pasti, Anda harus pintar-pintar dalam menentukan ukuran pipa yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga : Ukuran Paving Block

Ukuran PVC kelas AW

Pipa jenis ini memiliki ukuran yang paling tebal. Pipa PVC kelas AW dapat menahan beban atau tekanan sampai 10 kg/ cm2. Karena yang paling tebal, maka pipa ini lebih cocok jika digunakan di saluran air yang berkekuatan tinggi. Atau yang menggunakan pompa air. Anda juga bisa menggunakan pipa jenis ini untuk saluran air ke kran atau saluran air bawah tanah.

Ukuran pipa PVC kelas AW bisa sampai 6” dengan ukuran 165 mm, 8” dengan ukuran 216 mm, atau 10” dengan ukuran 267 mm.

Nah, itulah beberapa ukuran pipa PVC yang bisa Anda gunakan untuk saluran di rumah. Anda bisa menggunakan pipa tersebut sesuai dengan ukurannya. Maka dari itu, karena ukuran pipanya tidak sama, Anda perlu menyesuaikan pipa dengan kebutuhan di rumah Anda.

Sebagai contoh, pipa PVC kelas AW ½ atau ¾ bisa digunakan untuk menyetok air di dalam rumah, lalu PVC kelas C 5/8 dapat digunakan sebagai kabel pelindung  listrik. Jangan sampai Anda salah menggunakan jenis pipa ya.

Tinggalkan komentar