Ukuran Triplek Lengkap dan Jenisnya

Ukuran triplek yang beredar di pasaran saat ini semakin beragam, menyesuaikan kebutuhan konsumen. Triplek adalah lembaran kayu tipis yang dimanfaatkan untuk pembangunan sebuah rumah. Triplek juga biasa disebut Polywood ini dibuat memakai mesin khusus yang mampu memotong kayu setebal 4 mm – 12 mm. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan triplek bukan?

Nah, triplek sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti triplek teakwood, triplek aluminium, sengon, triplek melamin dan polywood. Harga triplek ditentukan oleh jenis dan ukurannya. Penting sekali Anda mengetahui hal ini sebelum mulai membangun rumah.

Supaya Anda tidak merasa kebingungan, disini admin akan berbagi macam-macam ukuran triplek. Silahkan disimak uraian selengkapnya berikut.

Triplek Melamin

Ukuran Triplek Melamin dan Jenisnya

Triplek melamin adalah polywood yang terbuat dari perpaduan melamin dan polyster. Standar ketebalan triplek melamin adalah 9mm, 3mm, dan 2mm. Triplek satu ini memiliki permukaan halus dan licin, biasa digunakan untuk membuat laci, beberapa kitchen set, lemari dan plafon.

Sementara itu, Anda bisa mempertimbangkan jenis triplek melamin sebagai pilihan utama karena menghadirkan sejumlah keunggulan yang menarik. Yaitu:

Keunggulan Triplek Melamin

  • Mudah dibersihkan dari noda

Permukaan triplek melamin yang licin dan halus membuatnya mudah dibersihkan apabila terkena noda. Anda bisa mengelap permukaan triplek melamin memakai tekstil dapur basah tanpa merasa khawatir lembaran kayunya mudah rapuh dan lembab.

Pilihan ideal untuk ditempatkan di bagian dapur yang rentan kotor.

  • Warna pada triplek melamin awet

Permukaan yang halus membuat proses finishing pada triplek melamin menjadi lebih mudah. Tidak ada rongga-rongga, sehingga pemberian warna memberikan hasil sangat rapi. Lebih dari itu, warna triplek melamin mampu bertahan selama bertahun-tahun.

  • Pemakaian triplek melamin sangat mudah

Berbeda dengan triplek kayu biasa yang mengharuskan pengguna mengamplas dan mendempul permukaan atau pinggirannya sebelum dipasang, maka triplek melamin tidak demikian. Anda tidak perlu mengamplas dan mendempul ulang, tinggal pasang saja.

  • Tidak cepat rapuh

Triplek melamin dibuat menggunakan polywood yang kemudian dilapisi melamin. Ini membuat serat kayu dan rongga tertutup rapat, sehingga sangat sulit ditembus oleh rayap. Perubahan cuaca juga tidak membuat triplek melamin mengalami kerusakan.

  • Tersedia berbagai pilihan warna

Triplek melamin mudah difinishing, sehingga ada berbagai macam pilihan warna yang dibekalkan kepadannya. Seperti krem, hijau muda, putih, biru muda, dan merah muda.

Ukuran Triplek Melamin

Beberapa ukuran triplek melamin yang biasa dijual antara lain:

Triplek melamin 3 mm, 240 mm x 122 mm x 3 mm

Triplek melamin 9 mm, 2440 mm x 122 mm x 9 mm

Triplek melamin 2 mm, 240 mm x 122 mm x 2 mm

Baca juga : Ukuran Pipa PVC

Triplek Cor

Ukuran Triplek Cor

Selain digunakan untuk kebutuhan pembuatan furniture rumah tangga, triplek juga biasa digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan. Salah satunya adalah membuat cor. Ukuran triplek cor yang umum digunakan adalah 9 mm ( 122 mm x 244 mm).

Ukuran Triplek Cor

Ukuran triplek cor 122 mm x 244 mm adalah standar yang biasa digunakan dalam proyek pembangunan. Harga triplek cor per lembar dijual mulai dari Rp. 100 ribu, dengan berbagai varian harga lainnya sesuai jenis triplek.

Triplek Multiplek

Jenis dan Ukuran Triplek Multiplek

Multiplek adalah produk kayu olahan yang terbuat lebih dari tiga lembar kayu tipis. Para arsitek dan desainer begitu menyukai multiplek karena dinilai sangat menguntungkan. Harganya memang jauh lebih murah dibandingkan kayu asli, namun kualitasnya bisa mengimbangi kayu asli. Baik dari segi kekuatan dan ketahanan.

Jenis-jenis kayu multiplek:

Soft wood

Kayu multipleks lunak yang biasa digunakan sebagai material lantai, membuat kabinet, dan kitchen set. Sifatnya yang fleksibel menjadikan soft wood juga digunakan untuk menyusun plafon. Ketebalannya berkisar antara 1,3 cm – 2,5 cm.

Hard wood

Multipleks yang terbuat dari lapisan kayu berbatang besar, seperti kayu meranti. Ketebalannya tentu lebih besar dibandingkan soft wood. Karena ketebalan dan bobotnya yang lebih berat membuat hard wood rentan terhadap kerusakan.

Tropical plywood

Jenis multipleks yang dibuat dari beberapa kombinasi spesies pohon di kawasan Asia. Membuatnnya mempunyai ketahanan lebih prima daripada soft wood. Multipleks tropical plywood diproduksi secara masif di daerah Afrika dan Asia.

Exterior plywood

Ini dibuat secara khusus untuk penggunaan area outdoor yang tahan terhadap udara lembap dan panas. Biasa digunakan sebagai overhang bangunan atau pintu gerbang. Bisa juga diterapkan untuk dekor interior ruangan yang bersifat basah dan lembab, semisal kamar mandi.

Kayu multipleks dekoratif

Kayu multipleks dekoratis dibuat dengan permukaan yang terlihat menarik. Lapisan kayunya terbuat dari kayu jati, kayu sungkai, atau kayu mahoni. Sering juga terbuat dari mapple tree dan oak tree. Biasa digunakan sebagai wall paneling.

Berbagai ukuran triplek multiplek:

3 mm : 2440 x 122 x 3

6 mm : 2440 x 122 x 6

9 mm : 2440 x 122 x 9

12 mm : 2440 x 122 x 12

15 mm : 2440 x 122 x 15

18 mm : 2440 x 122 x 18

25 mm : 2440 x 122 x 25

32 mm : 2440 x 122 x 32

Multiplek memiliki jumlah kayu lapisan yang lebih banyak daripada triplek, sehingga menghadirkan kualitas yang lebih bagus. Sebagai bahan pertimbangan, Anda bisa menyimak beberapa kelebihan multiplek berikut.

Keunggulan Triplek Multiplek

Kokoh dan Stabil

Kayu multipleks tersusun dari tekanan tarik yang cukup tinggi. Ini membuat lapisan penyusun multiplek tidak mudah tereduksi. Ia cenderung tetap kokoh dan stabil meskipun menopang tekanan atau bobot yang cukup besar.

Durabilitas Tinggi

Selain mampu menahan beban berat, multiplek juga tahan terhadap cairan kimia, air, udara lembap, dan bahkan api. Produk kayu olahan ini juga bisa dilapisi lapisan yang anti terbakar seperti semen fiber atau eternit.

Sebagai Insulator

Maksudnya adalah multipleks mempunyai sifat kedap yang sangat baik. Entah itu insulasi suara ataupun insulasi termal.

Sebagai insulator termal, multipleks akan membantu menjaga suhu panas agar tetap bersirkulasi pada bangunan. Sedangkan peran sebagai insulator suara, multipleks menahan suara bising agar tidak keluar ruangan.

Baca juga : Ukuran Paving Block

Tampilan Menawan

Multiplek cocok untuk interior ruangan, karena selain hadir dengan tampilan yang menawan. Permukaan terlihat cantik dan memiliki corak khas kayu asli.

Untuk konstruksi bangunan yang menahan beban besar, direkomendasikan memilih multipleks exterior wood atau hard wood. Jika untuk kebutuhan dekarasi panel kayu atau plafon, bisa menggunakan multipleks lebih tipis.

Triplek Standar

Ukuran Triplek Standar Pada Umumnya

Triplek sudah sejak lama digunakan untuk material bahan bangunan dan berbagai macam furniture. Triplek dipilih karena memiliki ketebalan bervariasi, penggunaan lebih praktis dan sudah memiliki ukuran standar. Sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan proses penyambungan.

Semakin ke sini, pabrik triplek membuat berbagai macam ukuran untuk menyesuaikan permintaan pasar. Triplek semakin digunakan untuk berbagai macam kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum membeli, pastikan Anda sudah mengetahui terlebih dahulu ukuran triplek yang dibutuhkan.

Jenis Triplek Standar

Namun sebelum itu, ada baiknya Anda memahami beberapa jenis triplek. Selain triplek melamin dan triplek multiplek yang sudah dibahas sebelumnya.

Partikel board

Ini merupakan jenis triplek yang memiliki kualitas paling rendah. Pori-porinya tergolong besar, sehingga mudah rusak ketika menahan beban berat dan terkena air.

Teakblock

Teakblock adalah triplek yang terbuat dari lembaran kayu jati press, bukan kayu jati solid. Kendati demikiann, tetap kuat dan biasa dipakai untuk flooring lantai.

Plywood

Plywood merupakan jenis triplek yang mempunyai tingkat ketebalan bagus dan terbuat dari banyak lapisan kayu press. Konon, kekuatan triplek plywood bisa bertahan selama sepuluh tahun karena tekstur lapisannya rapat sehingga membuat kekuatannya bagus.

Ukuran Triplek Standar

Secara umum, berikut ini adalah beberapa ukuran triplek standar di pasaran:

Triplek 3 mm, berukuran 2440 mm x 122 mm x 3 mm

Triplek 6 mm, berukuran 2440 mm x 122 mm x 6 mm

Triplek 9 mm, berukuran 2440 mm x 122 mm x 9 mm

Triplek 12 mm, berukuran 2440 mm x 122 mm x 12 mm

Triplek 15 mm, berukuran 2440 mm x 122 mm x 15 mm

Triplek 18 mm, berukuran 2440 mm x 122 mm x 18 mm

Triplek 25 mm, berukuran 2440 mm x 122 mm x 25 mm

Triplek 32 mm, berukuran 2440 mm x 122 mm x 32 mm

Ukuran Triplek 9mm

Dari sekian banyak pilihan ukuran triplek, 9mm merupakan favorit masyarakat. Jenis ini cocok untuk partisi, bangunan, tembok, kitchen set, dan sebagainya. Ukuran triplek 9mm adalah 1,22 meter x 2,44 meter.

Triplek plywood 9mm meranti bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp. 150 ribu. Kualitas kayu meranti yang bagus layak sekali menjadi bahan dasar berbagai kebutuhan Anda di rumah.

Ukuran Triplek Biasa

Triplek yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah ukuran standar 2440 mm x 1120 mm. Yang membedakan adalah tingkat ketebalannya, antara 3 mm sampai 32 mm. Setelah mengetahui ukuran triplek biasa, sekarang Anda bisa lanjut membuat rancangan bangunan.

Ukuran Triplek 8mm

Secara umum, ukuran triplek 8mm yang dijual oleh toko bangunan adalah 122 mm x 244 mm. Harga triplek plywood 8mm biasa dijual dengan banderol harga Rp. 100 ribu dan bobotnya sekitar 1 kg. Banyak sekali orang yang meminati produk ini, karena kuat dan tahan air.

Beberapa Tips Memilih Triplek yang Benar

Pilihan Grading Triplek

Grading adalah kualitas dan kelas yang membedakan antara triplek satu dengan lainnya. Kualitas ini ditentukan oleh jenis lem dan bahan baku triplek.

Dianjurkan supaya Anda memilih triplek berbahan dasar kayu jabon, meranti, albasia, falcata, dan sengon. Bobotnya ringan namun daya tahannya cukup kuat.

Periksa Kelurusan Triplek

Sebelum membeli triplek, coba berdirikan secara vertikal dan lihat bagaimana kondisi garis lurusnya. Hindari triplek yang melengkung, karena susah dipasang dan dibentuk.

Cek Face dan Back Triplek

Face adalah bagian depan triplek yang lebih halus dan mengkilap, sedangkan back merupakan bagian belakang. Secara umum, bagian depan terbuat dari mahoni, meranti, atau kayu jati, sementara itu bagian belakang terbuat dari kayu sengon.

Memeriksa Pinggiran Triplek

Triplek yang berkualitas bagus adalah memiliki lapisan kayu yang masih terlem secara sempurna. Jangan membeli bagian pinggirnya yang berongga, karena mudah rapuh untuk menahan sebuah beban.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang macam-macam ukuran triplek, semoga bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang berencana membangun rumah.


Tinggalkan komentar